Vitamin C Sebagai Penghasil Kolagen untuk Perbaikan Kulit

Vitamin C merupakan vitamin yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan suatu  zat bernama kolagen. Kolagen mempunyai kegunaaan untuk menjaga kesehatan dan pembetulan tulang, gigi, tulang rawan, dan kulit. Kegunaaan vitamin C sebagai penghasil kolagen untuk pembetulan kulit dapat didapatkan di beberapa macam buah dan sayur semacam jeruk, kiwi, tomat, lemon, nanas, strawberry, pepaya, cabai, brokoli, paprika, kentang, dan lain-lain. Tidak hanya dari buah dan sayur, vitamin C juga dapat ditemukan dalam suplemen.

Vitamin C Sebagai Penghasil Kolagen untuk Perbaikan Kulit

Suplemen vitamin C mempunyai peran untuk mengobati dan mencegah terjadinya defisiensi alias ketidak lebihan vitamin C. Tak hanya itu, suplemen ini juga mempunyai kegunaaan untuk merawat kesehatan jaringan penghubung, menolong penyembuhan luka, dan menolong melindungi sel-sel tubuh.

Suplemen yang dikenal pula dengan nama ascorbic acid ini dapat dikonsumsi baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak sedikit dipasarkan leluasa di apotek, suplemen vitamin C umumnya berbentuk tablet. Suplemen vitamin C terdapat dalam beberapa merk yang dapat didapatkan dengan cara leluasa di apotek.

Perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, ataupun sedang menyusui dapat mengonsumsi suplemen vitamin C tetapi wajib sesuai dengan anjuran dokter. Tentang dosis suplemen vitamin C, umumnya bakal disesuaikan berdasarkan tingkat keparahan seseorang dalam ketidak lebihan vitamin C dalam tubuhnya. Rata-rata dosis yang diberbagi kurang lebih 25 hingga 75 miligram per hari untuk mencegah alias mengobati ketidak lebihan vitamin C. Tak dianjurkan untuk mengonsumsinya lebih dari 2000 miligram per hari.

Suplemen vitamin C sebagai penghasil kolagen untuk pembetulan kulit dikonsumsi sekali sehari baik sebelum alias setelah makan dan tak dianjurkan melebihi dosis yang telah dianjurkan. Sebelum mengonsumsinya, baca terlebih dahulu keterangan yang ada pada kemasan dan ikuti anjuran dokter. Apabila lupa mengonsumsi suplemen vitamin C sebaiknya segera meminumnya begitu teringat. Tetapi jangan hingga memperbanyak dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Sebab dapat memunculkan efek tertentu semacam alergi dan over dosis.

Lalu apakah ada efek samping dalam mengonsumsi suplemen vitamin C ? Apabila dikonsumsi dengan dosis yang cocok sesuai dengan anjuran, vitamin C sebagai penghasil kolagen untuk pembetulan kulit tak membahayakan dan jarang sekali terjadi efek samping. Tetapi apabila dikonsumsi dengan dosis yang tinggi dan dalam jangka panjang dapat menambah risiko terkena batu ginjal. Tidak hanya itu, ada pula efek samping lainnya yang dapat terjadi semacam diare, nyeri ulu hati, muntah, perut kembung, dan sakit perut. Pastikan sebelum mengonsumsinya, baca terlebih dahulu bahan yang terkandung pada suplemen. Tak dianjurkan untuk mengonsumsi lebih dari satu suplemen vitamin C pada waktu yang sama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Jok Kulit Agar Awet

Tips Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Obat Kimia Candesartan Untuk Hipertensi