Penyakit Reproduksi yang Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

 Pada umumnya, wanita bakal mengalami kehamilan. Maka dari itu, sistem reproduksi wanita lebih rumit daripada pria. Kehamilan adalah faktor yang pastinya sangat diidamkan oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Tetapi, mesikipun begitu, sebagian wanita tak bisa mengalami kehamilan sebab mengalami penyakit reproduksi yang bisa sebabkan wanita susah hamil.

Penyakit Reproduksi yang Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Tersedia berbagai penyakit reproduksi wanita yang bisa mengakibatkan faktor tersebut, semacam endometriosis, uterine fibroid, serta sindrom ovarium polikistik. Tidak hanya itu, penyakit menular seksual (PMS) serta radang panggul juga diketahui bisa memicu gangguan kesuburan.

Berikut ini berbagai tipe penyakit reproduksi yang bisa sebabkan wanita susah hamil yang butuh Kamu ketahui :

Sindrom ovarium polikistis

Ini adalah gangguan sistem endokrin yang ditandai dengan pembesaran ovarium yang berisi cairan bernama folikel. Kehadiran folikel bisa terkesand engan pemeriksaan ultrasound. Sindrom ini bisa dikenali dari gejala haid tak teratur, jerawat, pertumbuhan rambut yang berlebihan, serta gejala ini bisa memkurang baik pada orang yang mengalami obesitas.

Umumnya penanganan sindrom ovarium polikistis diikuti dengan program penurunan berat badan, sekaligus bisa menurunkan risiko jangka panjang semacam diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.

Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim. Jaringan endometriosis yang tumbuh di luar rahim bisa melekat serta tumbuh pada ovarium, tuba falopi (saluranindung telur), alias bahkan bisa menjangkau organ-organ lain dalam perut.

Endometrium bakal tumbuh menjadi jaringan parut pada tempat dimana jaringan ini tertanam. Apabila menempel pada tuba falopi, maka faktor ini bakal mempersusah saluran indung telur untuk mengeluarkan sel telur. Tidak hanya mengganggu kesuburan, penderita endometriosis tak jarang mengeluhkan rasa sakit yang mengganggu saat haid.

Untuk menanggulangi endometriosis, perbuatan dokter antara lain membawa jaringan parut. Apabila tak sukses, maka ada kemungkinan dokter bakal merekomendasikan program bayi tabung alias In Vitro Fertilization.

Radang panggul

Penyakit radang panggul alias pelvic inflammatory disease (PID) umumnya terjadi ketika saluran reproduksi tahap atas terinfeksi bakteri dari vagina. Radang panggul bisa memicu jaringan parut. Salah satu efek jaringan parut yaitu menghambat sel telur menuju saluran indung telur, jadi mengganggu kesuburan. Gejala yang tak jarang dikeluhkan antara lain sakit perut tahap bawah, rasa nyeri saat berhubungan intim, alias perubahan cairan vagina.

Selain diakibatkan oleh penyakit menular seksual, radang panggul juga bisa dipicu oleh faktor lain, semacam infeksi akibat keguguran alias aborsi serta efek dari alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim. Kebiasaan memakai pembersih vagina juga bisa membikin kondisi vagina berubah serta bakteri bisa dengan mudah memasuki saluran reproduksi tahap atas.

Uterine fibroid

Fibroid sebetulnya adalah sekelompok sel jaringan rahim. Sebagian pakar menyatakan bahwa fibroid yang tumbuh di dalam dinding alias luar rahim tak berpengaruh kepada proses kehamilan. Hanya saja, apabila sel tersebut tumbuh di dalam rongga rahim, maka bisa mempersusah kehamilan. Sebagian pakar juga berpendapat terus besar ukuran fibroid, maka bakal terus memicu gangguan kesuburan.

Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual yang bisa berisiko mempersusah kehamilan, umpama klamidia serta gonore. Klamidia bisa merusak saluran indung telur, bahkan tanpa penderitanya merasakan gejala apapun. Sedangkan gonore bisa menyumbat saluran indung telur jadi menghambat jalan sel telur.

Akibat tersebut bisa terjadi bahkan berbagai tahun seusai seorang wanita terinfeksi penyakit menular seksual tersebut. Untuk menanggulangi infeksi yang aktif dari penyakit menular seksual, dokter bakal memberbagi antibiotik. Perbuatan lanjutan lain adalah laparoskopi. Tetapi, apabila kerusakan susah diperbaiki, maka dokter kemungkinan bakal menyarankan program bayi tabung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Jok Kulit Agar Awet

Tips Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Obat Kimia Candesartan Untuk Hipertensi